Pemahaman "Lower Layer" Pada 7 OSI Layer- Chapter 4 Basic Of TCP/IP

Upper layer telah kita bahas, yaitu terdiri dari Application, Presentation, dan Sesion yang masing-masing memiliki tugas pada saat transfer paket data berlangsung. Lower layer - merupakan layer OSI yang menangani isu transportasi data. Layer-layer ini lebih dekat ke arah mesin, terutama Physical Layer yang langsung menangani media fisik jaringan, misal kabel, dan bertanggung jawab terhadap penempatan informasi dalam media. Pada sesi Lower Layer ini sangat penting untuk di kuasai para network engineer untuk menangani jaringannya sendiri.

Sama hal nya pada Upper Layer, pada Lower Layer memiliki tugas masing-masing untuk menangani jaringan nya hanya saja jaringan tersebut lebih condong ke lokal yang di kuasai oleh administrator, oleh karena itu network engineer harus bisa berusaha untuk mengoptimalkan jaringan nya agar dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Berikut ini bagian dari Lower layer yang harus anda pahami :

osilayers_4.gif
Transport Layer: Bertanggung jawab membagi data menjadi segmen, menjaga koneksi logika “end-to-end” antar terminal, dan menyediakan penanganan error (error handling). Pada lapisan ini memiliki protocol yaitu UDP dan TCP.
osilayers_5.gif
Network Layer: Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan. Data pada layer ini berbentuk paket. Pada lapisan ini terdapat protocol IP, IGMP (Internet Group Message Protocol), ICMP (Internet Control Message Protocol), RARP (Reverse Address Resulotion Protocol), ARP (Address Resulotion Protocol) 
osilayers_6.gif
Data Link Layer: Menyediakan link untuk data, memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan “hardware” kemudian diangkut melalui media. komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physical antara sistem koneksi dan penanganan error.
osilayers_7.gif
Physical Layer: Bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik antar sistem.

Tulis komentar anda... Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment