Sertifikasi Mikrotik MTCNA 15-18 Mei 2014


Pada bulan april saya habis menghadapi ujian tingkat berat yang yang ada di indonesia untuk kategori seperti saya saat itu, yang saya hadapi adalah Ujian Nasional untuk SMK. Tidak sulit memang kalo untuk mata pelajaran kejuruan (bagi saya) ciee sombong! hehe, tapi kalo MTK saya nyerah dah... sepertinya saya diciptakan bukan untuk berhitung haha.

Dari dulu memang saya sudah mendambakan sertifikat Mikrotik terutama yang tingkat pertama yaitu MTCNA. Sejak akhir 2011 saya sudah mulai mempelajari dasar-dasar Mikrotik. selain itu juga saya mendalami dan mengobrak abrik isi linuk, khususnya debian dan ubuntu. Di tambah saya dulu adalah CEO RT/RW NET kecil-kecilan di Bandar Lampung. Jadi setiap hari saya berkecimpung dengan Mikrotik dan Access Point. bersama rekan-rekan saya seperjuangan. waktu itu ada Wildan, Dani, Nabil, Okta dan saya sendiri pastinya :D.

berkat perjuangan keraas rekan2 ini kita berhasil mendirikan sebuah service provider dan memiliki client yang lumayan cukup banyak hehe. dari situ setiap hari saya megang mikrotik.

apalagi saya jomblo waktu itu. pacar ada sihh tapi kayaknya gw mah apalah di mata dia #belek haha,  jadi dulu gak pernah megang tangan cewek brohh pegangan gw mouse dan laptop.

Apalagi di smk 2 mei gak ada cewek yang cantik. ada cewek pun metal-metal anaknya, beda banget kalo cewe type gw mah yang berjilbab lembut dan halus. Akhirnya gw pacaran sama laptop dan kita menjalin hubungan yang saangat harmonis haha #gilee broohh!!!

udh jangan bahas cewek dulu, saat gw nulis artikel ini udh ada orang yang memiliki hari gw jiaahhahahaa. back to the topic!

singkat cerita.....!!!
jreeng... jreeenggg

Hingga akhirnya tiba lah bulan Mei 2014 selepas UN saya mendaftar ujian MTCNA yang akan dilaksanakan tanggal 16-18 Mei 2014. waktu itu training nya pak Bob atau mr. Ziad Sobri. orangnya keren banget brooh sertifikat beliau buaanyak banget. dan kontribusi beliau untuk pendidikan di Indonesia luar biasa, terutama di lampung. berkat beliau banyak perguruan tinggi dan sekolah2 jadi mikrotik academy. sampe saat ini gak cuma lampung aja sih yang beliau mikrotik akademikan :D

cuma smk 2 mei yang agak susah dijadikan mikrotik academy, so sad :'(

gak lupa minta restu kepada orang tua dan kerabat terdekat untuk kesuksesan saya.

Selama tiga hari mengikuti training dan ngelab serta di lanjutkan dengan exam, di situ saya banyak mempelajari berbagai studi kasus dan dasar-dasar Mikrotik.

Materinya seperti berikut :

Module 1 MikroTik RouterOS Introduction
First time accessing the router + lab
Setup internet connection via router + LAB
TCP/IP Basics
Upgrade RouterOS logins + LAB
Manage routerOS services
Backup and export/import configuration + LAB
RouterOS license
NTP client configuration
Netinstall + LAB

Module 2 MikroTik RouterOS firewall
Firewall principles
Firewall filter in action
RouterOS connection tracking
Basic address list + LAB
Source NAT
Destination NAT
NAT limitations

Module 3 MikroTik RouterOS QoS
Simpe Queue + LAB
Traffic Prioritization + LAB
Simple mangle and tree queue + LAB
PCQ setup + LAB
Bandwidth test + LAB
Interface traffic monitor
SNMP

Module 4 MikroTik RouterOS Network Management
ARP modes
RouterOS ARP table
DHCP server and client + LAB
HotSpot + LAB
Proxy + LAB
RouterOS tools

Module 5 MikroTik RouterOS Wireless
Setup simpe wireless link + LAB
MAC address filtering + LAB
Wireless security and encryption + LAB
MikroTik wireless protocols + LAB

Module 6 MikroTik RouterOS Bridging
Bridging concepts + Lab
Bridge wireless networks + LAB
Bridge wireless and remote networks + LAB
– EoIP tunnel
– VPLS tunnel

Module 7 MikroTik RouterOS Routing
Routing overview
Static routing

Module 8 MikroTik RouterOS Tunnels
Secure local network
– Point to point addresses
– Create PPPoE client on RouterOS/Windows/MacOS + LAB
– PPPoE service nama
– Create PPPoE server + LAB
PPP Settings
IP pool
Sercure remote networks communication + LAB

Akhirnya saya lulus ujian dengan nilai yang lumayan baik, itulah cerita di 2014 saya, memang penuh kenangan di 2014 itu tahun yang sangat membahagiakan selain dapat sertifikat ini saya juga menang lomba juga dan juara umum di perlombaan KCCK IBI Darmajaya.

jadi pada saat pengambilan piala saya tidak bisa hadir karena di hari itu bertepatan dengan saya exam MTCNA.

thanks Allah, mama, papa, keluarga, dan teman2:*

Tulis komentar anda... Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment