Pemahaman OSI Layer Chapter 2 - Basic Of TCP/IP

Seperti yang saya katakan pada artikel sebelumnya Pemahaman OSI Layer Chapter 1 - Basic Of TCP/IP. bahwa OSI Layer memiliki 7 lapisan, setiap lapisan tersebut memiliki fungsi dan tugas masing-masing di dalam komunikasi data. satu layer bertanggung jawab untuk membentuk koneksi antar perangkat, sementara layer lainnya bertanggung jawab untuk mengoreksi terjadinya “error” selama proses transfer data berlangsung.

Dalam sebuah layer, protokol saling dipertukarkan, dan memungkinkan komunikasi terus berlangsung. Pertukaran ini berlangsung didasarkan pada perangkat keras “hardware” dari vendor yang berbeda dan bermacam‐macam alasan atau keinginan yang berbeda dalam komunikasi data.
Komunikasi data dalam aturan OSI Layer dapat diibaratkan dalam sebuah pengiriman paket. dalam dunia jaringan komputer juga bertugas mengirimkan sebuah paket, hanya saja paket yang ada di dunia nyata dan di dalam jaringan komputer tentu berbeda. 

Contoh dalam dunia nyata, anda ingin mengirimkan sebuah paket ke suatu lokasi, tidak penting paket tersebut akan diangkut menggunakan kendaraan apapun baik itu ojek, mobil, truk, kapal, pesawat atau yang lain nya, asalkan paket itu sampai di tempat yang anda tuju. Begitu juga dengan OSI tidak penting vendor dari alat tersebut, tidak penting merek dari hardware yang digunakan asalkan memiliki tujuan atau aturan yang sama di sebut dengan protokol.

Tulis komentar anda... Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment