Filosofi Memakan Gajah, Untuk Menyelesaikan Tugas Besar

Men!!! kemaren gue dapet super penceahan banget yaitu filosofi gimana cara makan gajah men! gw fikir gajah itu enak banget men gw jadi laper!.
tapi gw salah men, gw kira gw bakal di ajak makan gajah ternyata hanya filosofi. jadi ini buat lo yang sering mengahadi hal baru yang cukup besar dan lo bingung bagaimana cara memulainya. biasanya berkaitan dengan tugas atau belajar lo men. tapi filosofi ini dinamis, bisa diterapkan di mana saja!.
Seringkali kita merasa suatu tugas yang kita harus selesaikan sangat berat dan besar untuk dilakukan bahkan hanya sekedar untuk memulainya saja membuat kita menundanya. Alasan utama untuk menunda-nunda tugas yang besar, tugas yang penting adalah, bahwa tugas tersebut muncul dan tampak begitu besar dan tangguh ketika Anda pertama kali mendekatinya. 

Salah satu teknik yang dapat memberi kekuatan pada diri Anda untuk menghadapi tugas semacam ini adalah dengan mengiris dan mencacah tugas tersebut menjadi ukuran kecil yang memungkinkan diri Anda melihatnya menjadi ringan untuk dikerjakan. Bagaikan memakan seekor gajah, jika Anda diharuskan menghabiskan gajah tersebut, tentu Anda tak akan sanggup, namun jika gajah itu anda potong-potong menjadi irisan kecil-kecil dan setiap irisan anda olah menjadi masakan yang enak atau menjadi daging olahan yang menjadikannya lebih awet, maka tak lebih dari sehari Anda sudah membuat seekor gajah menjadi makanan yang siap disantap.

Cara Mengiris dan Mencacah Tugas
Untuk melakukannya rincilah tugas penting Anda yang nampak besar secara mendetail, tulis semua tugas-tugas kecil yang mendukung terlaksananya tugas besar tersebut.Kemudian putuskan untuk melakukan satu pekerjaan untuk sementara waktu, seperti makan gulungan daging asap, satu irisan pada suatu waktu. Atau seperti makan satu potong kecil gajah pada suatu waktu.

Mulai Lakukan Satu Bagian Kecil
Secara psikologis, Anda akan merasa lebih mudah untuk melakukan sebagian, satu tugas kecil dari sebuah proyek besar, daripada memulai seluruh pekerjaan. Seringkali, setelah Anda memulai dan menyelesaikan satu bagian dari pekerjaan, Anda akan merasa seperti melakukan hanya satu lagi "potongan". Segera, Anda akan menemukan diri Anda bekerja melalui satu bagian pekerjaan pada satu waktu, dan sebelum kau menyadarinya, pekerjaan akan selesai.

Hanya Memulai
Setelah Anda mulai bekerja, Anda mengembangkan momentum ke depan dan perasaan prestasi. Anda menjadi berenergi dan bersemangat. Anda merasa diri Anda secara internal termotivasi dan terdorong untuk terus sampai tugas tersebut selesai.

Aksi Latihan
Dua tindakan yang dapat Anda lakukan segera untuk menempatkan ide-ide ke dalam tindakan:

Pertama, pilih salah satu tugas penting Anda yang besar dan rincikanlah tugas besar yang penting tersebut secara mendetail, tuliskan setiap bagian dari tugas-tugas kecil yang mendukung terselesaikannya tugas tersebut.

Kedua, pilih salah satu bagian dari tugas-tugas kecil yang telah tertulis dan segera lakukan!
source :

Tulis komentar anda... Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment