Lupa Password Dan Tidak Bisa Login MySQL di Linux

Cerita nya mau ngerjain tugas Pengantar Basis Data salah satu mata kuliah saya pada semester satu. Saya agak sedidit haram kalo menyentuh windows hehe karna windows saya bajakan maka saya harus lebih banyak menggunakan Linux dari pada windows agar mengurangi dosa saya yang sudah agak banyak ini hehe.

Oke awalnya saya install MySQL
#apt-get install phpmyadmin

sudah berhasil install tapi tidak bisa login sebagai root di phpmyadmin, kalo di remote mode text di terminal bisa tapi kalo lewat web browser gak bisa di buka.

wah galau saya, mana deadline tugas nya udah dekat, jadi terpaksa pakai windows sebentar hehe sambil mikir cari cara memperbaiki nya. sudah saya coba remove dan install lagi tapi tetep aja gak bisa padahal password nya sudah saya set dengan benar. akhirnya saya coba reset password MySQL nya.

Matikan layanan mysql.

service mysql stop 

Jalankan layanan mysql dengan ‘safe mode’

mysqld_safe --skip-grant-tables 

Dua perintah di atas dijalankan sebagai root. Perintah terakhir akan menjalankan mysql dalam mode yang memungkinkan pengguna masuk tanpa kata laluan. Jangan mematikan proses ini, untuk menjalankan perintah selanjutnya buka saja tab baru di terminal. Masuk ke layanan mysql sebagai root tanpa opsi kata laluan. 

mysql -u root 

Update kata laluan pengguna root layanan MySQL

use mysql update user set password=password('paswordbaru') where user='root' flush privileges 

Kembali ke tab di mana mysql dijalankan dengan ‘safe mode’, tekan Ctrl+C untuk mematikan layanan. Jalankan kembali mysql seperti biasa. 

service mysql start 

Coba lagi masuk ke mysql menggunakan opsi kata laluan.

mysql -u root -p

Tulis komentar anda... Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment