Cara Agar DNS Server Bisa di Akses Dari Internet

Kalo untuk pemula jelas kebingungan untuk mengubah ip publik jadi domain agar bisa di akses oleh pengguna internet di seluruh dunia. Kalo kalian anak TKJ pasti sudah tau bagaimana cara membuat dns server. 
Yang jadi masalah apakah dns server kalian bisa diakses di publik? meskipun komputer kalian terkoneksi ke internet, domain yang kalian buat di server lokal tidak akan bisa di akses dari publik.

Syarat nya :
1. Memiliki Domain 
Domain bisa dibeli dengan harga mulai dari 50rb hingga jutaan rupiah, jadi domain yang kalian buat di server itu sebetul nya tidak ada artinya tanpa di daftarkan di pusat domain. Karena domain itu sudah ada yang mengatur. karna sifatnya unik jadi tidak boleh ada yang sama.

2. Memiliki Server Dengan Ip Publik Statik
Kalian pernah mendengar kata "Domain dan Hosting" ini maksud nya biar kalian gak ribet ngurusin server sendiri maka ada namanya layanan hosting, dimana kalian bisa sewa server mereka untuk kebutuhan kalian. Kalo dari segi biaya lebih murah ketimbang kalian buat server sendiri di rumah.

Kalo kalian administrator jaringan di perusahaan yang besar tentunya harus punya server sendiri, nah kalo kasus seperti ini jelas anda butuh ip publik statik anda bisa install server sendiri di perusahaan yang anda tangani. kemudian beli domain dan hubungkan domain tersebut ke server anda.

Cara saya ini sebenernya gak perlu di tiru, karna saya sudah menggunakan cpanel untuk mengarahkan domain saya ke server saya di kantor. Kalau sudah ada cpanel kan berarti sudah ada server, tapi di sini saya buat sub domain lagi untuk mengarahkan ke server kantor saya.

Oke, pada menu domain anda bisa pilih "editor zona dns lanjutan" kalo cpanel kalian bahasa inggris silahkan disesuaikan.

Pada dasarnya baik setting dari cpanel maupun setting dari domain control panel nya tidak jauh beda. pertama harus kenal yang namanya record dns, bisa dibaca disini :
http://andre-networking.blogspot.com/2014/12/jenis-record-pada-dns-domain-name-system.html
Saya harap kalian jelas dengan penjelasan saya yang tidak jelas ini. silahkan ditanyakan dikomentar jika ada yang kurang paham mengenai cara membuat server dan dns server dapat di akses dari internet.

Tulis komentar anda... Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment