Tahapan Sikap Orang Menuntut Ilmu, Pertama Akan Menjadi Sombong

Ada 3 tahapan dalam menuntut ilmu dari Umar Bin Khattab R.a :
“Ilmu ada tiga tahapan. Jika seorang memasuki tahapan pertama, ia akan sombong. Jika ia memasuki tahapan kedua ia akan tawadhu’. Dan jika ia memasuki tahapan ketiga ia akan merasa dirinya tidak ada apa-apanya”
Biasanya orang yang masih baru belajar, dia akan sombong. Karena dia merasa dia sudah berada pada posisi yang paling mulia, sementara orang lain yang mungkin belum belajar ilmu itu lebih rendah dari pada dia. Padahal, mungkin kondisinya dialah yang masih banyak kekurangan dan jahil (bodoh). nauzubillah min zalik, semoga kita semua dijauhkan dari sifat ini dan senantiasa menghormati orang lain sesama pembelajar.

Ketika seseorang masuk ke tahapan kedua, maka dia akan merasa masih banyak hal yang belum dia ketahui dan itu membuat dia lebih tawadu’. Seperti padi, semakin memiliki ilmu, semakin merunduk. Tahapan ini lebih meningkat dari tahapan pertama tadi. Di hatinya tak ada lagi rasa sombong, bahkan dia lebih merendahkan hatinya terhadap orang lain.

Masuk ke tahapan terakhir, yaitu tahapan ketiga. Tahapan dimana seseorang yang semakin berilmu dia semakin merasa tidak ada apa-apanya, semakin merasa kecil. Karena di tahap ini dia merasa ilmu itu seperti lautan yang begitu luas. Ketika dia mendapat satu ilmu, maka di dalam dirinya akan merasa kurang, dia haus akan ilmu, dan bahkan mengabdikan seluruh hidupnya untuk terus belajar dan belajar meraih ilmu sebanyak-banyaknya.

Sudah sampai di tahap manakah ilmu kita?
Semoga kita dijauhkan dari sifat-sifat yang sombong dan tinggi hati merasa bisa segalanya tetapi di balik itu kita benar-benar tidak ada apa-apanya.

Silahkan tulis komentar, pertanyaan, kritik dan saran anda mengenai blog saya di bawah ini bebas apa saja asalkan sopan. Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda. Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment