Handmade Network Automation Tools

Network automation lagi banyak dibicarakan, seperti Ansibel, Puppet, chef, salt, dll. Sejujurnya Gw masih belum paham banget masalah tools Network Automation yang gw sebutin di atas. Tapi mendengar dan melihat orang-orang selalu membicarakan dan menghebohkan hal itu membuat gw jadi more penasaran. Jadi akhirnya beberapa minggu ini coba buka-buka materi python lagi. 

Ini buat gw jadi flashback!
Gw jadi ke inget waktu semester 1-2 belajar C programming karena interface yang dipakai oleh python ini bisa juga dijalankan di CMD😁. jadi sama persis dengan apa yang dilakukan oleh C. Gw inget waku itu gw buat aplikasi kasir pake C. wah acak2an tuh programmnya.

Lanjut lagi ke python...

BTW python programming gw juga pernah belajar di semester 6 kemarin, untuk pemrograman perangkat keras. Waktu itu kami ngoprek raspberry coba-coba untuk buat nyalain led, beep, sensor PIR, dll. Gw udah mulai males2an belajar nya karena udh di penghujung semester dan TA juga udah selesai jadi semangat kuliah nya udah menurun drastis.

Nah sekarang coba gw implementasikan hasil belajar gw di kerjaan buat simpel tools network automation. Lumayan sih buat mempermudah dan mempercepat kerjaan. bisa generate backup banyak Cisco devices sekaligus. Coba bisa lo bayangin kalo backup 200 devices di kerjain dengan manual lumayan pegel juga sih jari gw.

Apalagi kalau kita pakai topology lab seperti di bawah ini dan kita harus menjalankan fungsi redundancy di jaringan yang kita kontrol. maka kita harus membuat vlan customer di semua switch sekaligus. ini bakalan memakan banyak waktu untuk mengerjakan hal semacam ini. belum lagi human error yang bisa bikin sistem malah jadi berantakan.
Dengan adanya Network Automation diharapkan mempermudah pekerjaan network engineer dalam melakukan kegiatannya. Misal ingin backup konfigurasi dan buat vlan di banyak devices tidak memakan waktu lama.
Ini dia tampilan awal tools ini :

Tools ini baru bisa buat vlan, add user&password dan add routing protocol. IP address databasenya di simpen di txt, bisa ditambah dan dihapus sesuai dengan yang ada di network environment kita. Bisa running di windows ataupun di Linux yg penting ada python nya.

Ini adalah demo untuk generate backup di banyak devices sekaligus.

Buat password baru di banyak devices sekaligus.

Buat nambahin routing protocol.

Jadi tools yang saya buat ini punya database sederhana yaitu buat nyimpen list ip address nya menggunakan notepad. jadi list ini bisa di tambah dan di hapus sesuai dengan ip network yang akan di konfig.

Bisa membuat vlan di banyak devices sekaligus.


Perkembangan network automation ini terbilang sangat cepat, jadi kita harus menyesuaikan requirement yang dibutuhkan di perusahaan2 besar. Kebanyakan perusahaan sekarang sudah ada standard requirement nya untuk Network Engineer harus memiliki kemampuan network automation dan bahasa pemrogramman python.

yahh perjalanan saya masih panjang...

Silahkan tulis komentar, pertanyaan, kritik dan saran anda mengenai blog saya di bawah ini bebas apa saja asalkan sopan. Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda. Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment