Menambahkan Ip Address Pada Mikrotik

Halo sahabat TKJ, pada kesempatan kali ini saya akan memulai sharing materi jaringan komputer pada blog ini. Pada tutorial kali ini saya akan membahas mengenai penambahan Ip Address pada router mikrotik sebagai latihan anda, di sini anda dapat menggunakan mikrotik routerboard, Router PC, ataupun Virtual.

Ada baik nya sebelum anda memasuki teknik ini anda mempelajari dulu apa itu Ip Address bagi pemula, seperti penghitungan dan pemahaman nya, agar anda tidak mengalami kebingungan nantinya. Tapi saya yakin sahabat TKJ sudah mengerti semua tentang pengertian IP Address oleh karna itu saya tidak akan menjelaskan lagi, langsung saja kita ke Mikrotik nya

1. Untuk pertama kali, setelah anda login ketikan perintah "interface print" ini untuk mengecek interface pada mikrotik, lalu tentukan interface mana yang akan anda tambahakan ip address? di sini saya akan menggunakan interface 1 (ether1)
 2. Selanjutnya ketikan perintah "ip address add address 192.168.137.2/24 interface=ether1"  Nah ip address dan prefix /24 serta ether1 dapat anda ganti sesuai dengan aturan atau topologi jaringan anda.
 3. Terakhir anda dapat mengecek apakah ip sudah masuk ke dalam interface, dengan perintah "ip address print"  maka akan terlihat gambar seperti di bawah ini, terdapat ip address yang telah anda tambahkan tadi
4. selanjutnya anda dapat melakukan ping dari komputer client yang berada dalam 1 jaringan ke router mikrotik ini, untuk menguji konektifitas jaringan apakah sudah terhubung ke router atau belum. 

Nah saya rasa cukup sekian dulu tutorial mikrotik kali ini, tunggu tutorial selanjutnya ya hanya di andre-networking

1 komentar :

Click here for komentar
October 23, 2021 at 6:21 PM ×

pagi mas
ada nomr\er wa

Thanks for your comment PT .ANDIKA JAYA! You are the first!
Reply
avatar

Tulis komentar anda... Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment