Sejarah Perkembangan Jaringan Komputer

Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika Serikat dari komputer MODEL pengembangan proyek I di Bell laboratorium dan kelompok riset Harvard University yang dipimpin oleh profesor H. Aiken. Pada awal dari proyek ini adalah untuk memanfaatkan perangkat komputer yang harus digunakan bersama-sama. Untuk melakukan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong membuat beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program dapat dijalankan pada komputer dengan aturan antrian.

Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membengkak sampai terciptanya super komputer, komputer harus melayani beberapa terminal (lihat Gambar 1) ditemukan untuk distribusi berbasis waktu konsep yang dikenal sebagai TSS (Time Sharing System), untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Dalam sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai muncul menggabungkan teknologi komputer dan telekomunikasi yang pada awalnya dikembangkan sendiri.
Memasuki tahun 1970-an, setelah beban kerja meningkat dan harga komputer mulai terasa sangat mahal, kemudian mulai menggunakan konsep distribusi (Distributed Processing). Seperti pada Gambar 2, dalam proses ini beberapa host komputer melakukan pekerjaan yang besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal terhubung secara seri pada setiap komputer host. Dala proses distribusi adalah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara komputer dan teknologi telekomunikasi, karena selain proses yang harus didistribusikan, semua harus melayani terminal komputer host dalam satu perintah dari komputer pusat.

Selanjutnya, ketika harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, penggunaan komputer dan jaringan sudah mulai berkisar dari berurusan dengan proses dan komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk memulai mengembangkan teknologi jaringan lokal yang dikenal sebagai LAN. Demikian pula, ketika internet diperkenalkan, kebanyakan LAN berdiri sendiri mulai berhubungan dan membentuk jaringan WAN raksasa.

1 komentar :

Click here for komentar
August 7, 2017 at 5:13 AM ×

Nice blog Post !

Thanks for your comment Used PC Supplier! You are the first!
Reply
avatar

Tulis komentar anda... Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment