Mengenal Sistem Operasi


Pengertian Sistem Operasi

OS atau Operating System jika dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang betugas mengendalikan hardware atau komponen pada computer. Sistem Operasi juga menyediakan aplikasi bawaan yang mendukung kinerja computer, selain itu Sistem Operasi memberikan dukungan untuk aplikasi-aplikasi tambahan yang bukan bawaan dari OS tersebut.

Sistem Operasi mampu melakukan penjadwalan penggunaan sumber daya yang dimiliki oleh computer dengan baik, mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Bayangkan jika computer tidak memiliki Sistem Operasi maka anda tidak akan dapat mengendalikan sebuah computer, anda tidak dapat memberikan perintah-perintah yang akan anda tujukan ke computer tersebut.

Dengan adanya Sistem Operasi maka mempermudah user untuk menjalankan perintah-perintah yang diinginkan. Dengan kata lain Sistem Operasi dapat disebut sebagai perantara antara pengguna atau di sebut brainware dengan perangkat keras yang disebut dengan hardware
Jenis-jenis Sistem Operasi

1. Linux

Linux adalah OS yang didistribusikan secara gratis atau bebas digunakan siapa saja tanpa harus membeli lisensinya. Source Code linux terbuka untuk semua kalangan dengan tujuan bebas dikembangkan oleh siapa saja bagi yang ingin mengembangkan OS ini.

Oleh karena itu perkembangan OS linux ini sangat pesat, karena pengembang linux tidak hanya satu organesasi saja, melainkan di seluruh dunia dari personal hingga organesasi besar ikut mengembangkan linux tanpa harus dibayar. Penemu linux adalah Linus Trovalds berkebangsaan Finlandia di lahirkan pada 28 Desember 1969 dikenal dengan perekayasa perangkat lunak yang mengembangkan linux.

Meski linux tidak terlalu dikenal oleh kalangan pengguna computer di Indonesia, tapi linux terus dikembangkan dan disosialisasikan kepada masyarakat agar kedepan nya linux dapat digunakan secara merata di masyarakat dan mengurangi pembajakan software yang masih marak terjadi di Indonesia.

Banyak sekali kelebihan dari linux yang tidak diketahui oleh masyarakat, yang paling utama adalah gratis. Dari segi keamanan, linux lebih unggul karena tahan dari serangan virus, berbeda dengan windows yang banyak mengalami serangan virus. Dukungan software untuk linux sekarang sudah banyak dan itu juga gratis sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli software ataupun membajak software tersebut.

Linux juga biasa digunakan untuk kebutuhan server, hal ini dipilih karena ketahanan linux terhadap virus dan ancaman dari hacker. Terdapat berbagai fitur firewall yang dapat kita konfirgurasi didalamnya membuat linux menjadi acuan pertama dalam system operasi jaringan. Ada banyak jenis distro linux yang dapat di download secara gratis di internet yaitu Debian, kali linux, Ubuntu, Fedora, Mint, Backtrack, CenOS, RedHat, dan masih banyak lagi.
 

2. Mac OS

Mac Os atau Macintosh Operating System merupakan OS berbasis Unix yang dibuat oleh perusahaan Apple khusus untuk computer Apple. Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Mac OS diberi nama-nama hewan buas seperti Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, Leopard, Snow Leopard, Lion, Mountain Lion, dll
 

3. Windows

Windows adalah OS yang dikembangakan oleh Microsoft Corporation yang ditargetkan untuk digunakan pada computer yang berbasis processor Intel tapi pada pasaran nya tidak hanya Intel saja yang bias menggunakan windows. Windows berawal dari tahun 1985 merupakan system operasi yang berjalan under MS-DOS. OS DOS menjadi standar pada computer dimasa itu.

Sekarang Windows berkembang pesat, karena tujuannya komersil windows mendesain Sistem Operasi sebaik dan senyaman mungkin untuk user nya agar mencapai tujuan pemasaran nya. Windows dikembangkan dari mulai windows untuk home user sampai dengan kebutuhan server.

Untuk home user sangat popular dipasaran seperti Windows 98, Windows 2000, Windows Xp, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan sekarang perusahaan ini berusaha mengembangkan Windows 10 tentunya dengan fitur yang lebih menarik untuk usernya.

Source :
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Sistem_operasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi#Pendahuluan
http://id.wikipedia.org/wiki/Mac_OS
http://id.wikipedia.org/wiki/Linux
http://id.wikipedia.org/wiki/Linus_Torvalds

Tulis komentar anda... Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment